Kategori
Lomba

Lomba Aplikasi BCF 2021

Lomba Membuat Aplikasi Balikpapan Creative Festival 2021 dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124.

Lomba pengembangan aplikasi bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam mengembangkan ide kreatif untuk memberikan solusi dan inovasi masalah Indonesia, khususnya Balikpapan dalam bentuk aplikasi berkualitas tinggi. Fokusnya adalah aspek inovasi yang kreatif dan pemanfaatan TIK untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia sehingga aplikasi yang dihasilkan mampu memberikan dampak untuk kemandirian dan kecerdasan masyarakat umum. Dampak ini harus dibuktikan bukan hanya dalam bentuk argumentasi namun juga harus didukung dengan data.

Produk perangkat lunak yang dihasilkan harus bisa dioperasikan sehingga dampak tersebut dapat terukur. Platform produk perangkat lunak tidak dibatasi.

TEMA & KATEGORI

TEMA UTAMA

  1. Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 Tahun 2021

PILIHAN SUB TEMA

  1. Adaptasi kebiasaan baru
  2. Sejarah Kota Balikpapan
  3. Wisata Kota Balikpapan
  4. Komunitas Kreatif Kota Balikpapan
  5. Digitalisasi Kota Balikpapan

KATEGORI

  1. Umum perorangan atau tim

KETENTUAN PESERTA

  1. Peserta Lomba Membuat Aplikasi adalah Warga Kota Balikpapan yang dibuktikan dengan kartu identitas resmi.
  2. Perorangan atau Tim yang beranggotakan Maksimal 3 orang
  3. Karya yang diusulkan belum pernah menjadi juara dalam kompetisi sejenis.
  4. Karya perangkat lunak belum pernah terpublikasi baik secara komersiil maupun secara nonkomersiil kepada khalayak umum.
  5. Perangkat lunak dapat dijalankan pada platform umum tanpa tambahan pernagkat keras khusus
  6. Karya perangkat lunak yang diajukan merupakan ide orisinil dengan tidak menjiplak aplikasi yang sudah ada.
  7. Karya tidak mengandung unsur SARA

BABAK PENYISIHAN

Komponen babak penyisihan yang harus dikumpulkan adalah file aplikasi dan video penggunaan dan konsep aplikasi, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Executable file (.apk, .ipa, .exe, dst.) atau URL (web-based) dari aplikasi perangkat lunak;
  2. Video demo perangkat lunak yang dikemas dalam .zip atau file text yang berisi link ke youtube;

Komponen tersebut diunggah ke formulir yang telah disediakan oleh panitia di alamat https://ekrafbalikpapan.id/pendaftaran-lomba-aplikasi-bcf-2021/. Pastikan kebutuhan lain untuk formulir juga dilampirkan.

Ketentuan video rancangan perangkat lunak pada babak penyisihan adalah sebagai berikut:

  1. Video mewakili gambaran proses perancangan perangkat lunak dan demonstrasi hasil pengembangan pada kemajuan minimal 50%;
  2. Video harus menggambarkan mengapa perangkat lunak tersebut berguna dalam menyelesaikan masalah yang diangkat oleh tim;
  3. Video harus menggambarkan bagaimana penggunaan perangkat lunak oleh pengguna;
  4. Perangkat lunak diperbolehkan untuk dijalankan menggunakan emulator lalu direkam menggunakan perangkat lunak screen recording seperti Camstudio, Camtasia, dan semacamnya;
  5. Demonstrasi juga diperbolehkan menggunakan device asli sehingga perekaman dilakukan dengan menggunakan kamera;
  6. Durasi video dibatasi maksimal 5 menit;

Batas pengumpulan seluruh berkas lomba babak penyisihan oleh tim peserta adalah tanggal 20 Maret 2021 24 Maret 2021.

Tim yang lolos Babak Penyisihan untuk maju ke Babak Final akan diumumkan pada tanggal 24 Maret 2021 25-26 Maret 2021.

BABAK FINAL

Peserta yang terpilih masuk ke Babak Final akan melakukan presentasi karya di hadapan dewan juri selama 10 menit pada hari Sabtu, 27 Maret 2021 di Mall Plaza Balikpapan (lokasi dan waktu detil akan dikonfirmasi kemudian).

ASPEK PENILAIAN

  1. Aspek inovasi. (Bobot: 20%)
    1. Dampak yang diharapkan melalui penggunaan perangkat lunak terhadap pengguna atau masyarakat (lingkungan sekitar pengguna) dan potensi sustainability-nya. (Bobot: 25%)
    2. Desain antarmuka perangkat lunak, kemampuan untuk digunakan (usability), dan pengalaman pengguna (user experience) dalam menggunakan perangkat lunak. (Bobot: 25%)
    3. Kesesuaian ide dengan perangkat lunak yang dibuat. (Bobot: 25%)
    4. Urgensi masalah yang diangkat sebagai tema perangkat lunak. (Bobot: 25%).

Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Peraturan yang belum tercantum akan ditambahkan di kemudian hari bila diperlukan.

HADIAH

JUARA I

  • Mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp4.500.000

JUARA II

  • Mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp4.000.000

JUARA III

  • Mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp3.500.000

PIALA DAN PIAGAM

  • Semua pemenang juga berhak mendapatkan Piala dan Piagam Penghargaan dari Panitia Lomba.

WAKTU

WORKSHOP DAN SOSIALISASI

  • 1 – 14 Maret 2021

PENDAFTARAN DAN PENGUMPULAN KARYA

  • 1 – 24 Maret 2021 UPDATED

PENGUMUMAN PEMENANG

  • 28 Maret 2021
  • Di Gedung Kreatif Balikpapan/Plaza Balikpapan

INFORMASI LOMBA

Website

Media sosial (Instagram/Facebook/Twitter)

Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *